facebook instagram twitter

Pengumuman : Pemberlakuan PP No 35 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada Kementerian Pertanian per 11 Oktober 2016 lihat disini ******* PAKTA INTEGRITAS : Kami tidak mengijinkan sedikitpun (zero tolerance) segala bentuk gratifikasi (pemberian) dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam rangka pelaksanaan pelayanan karantina pertanian
Indonesian English

8p

http://1.bp.blogspot.com/

Tanaman jeruk merupakan tanaman favorit bagi para pecinta tanaman. Tanaman ini mempunyai nilai bisnis dan manfaat yang besar dan relatif berkembang biak dibudidayakan di daerah tropis. Jenis jeruk juga banyak macamnya, mulai dari jeruk keprok, jeruk peras, jeruk ponsil, jeruk pusar, jeruk sukade, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk jepang, jeruk purut, jeruk lemon, jeruk limau, jeruk tangelo, jeruk lemon cui, jeruk kumquat, jeruk mandarin, jeruk medan, jeruk jari Buddha, jeruk santang, dan masih banyak lagi varietas lain. Melihat begitu banyak potensi yang ada di tanaman jeruk, tidak mengherankan jika mobilitas tanaman ini sangat tinggi. Banyak orang yang berkeinginan memiliki tanaman jeruk sebagai tanaman rumahan atau perkebunan.

Terkait mobilitas tanaman jeruk dan bagian-bagiannya (akar, umbi, tanah/media tanam, buah, biji, daun, batang) maka ada beberapa OPTK (Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina) yang akan bisa ikut terbawa, antara lain jenis Nematoda (Hemicricanemoides mangiferae, Macropasthonia anaensis, Prathylenchus brachyurus), jenis Virus (Citrus exocortis paspiviroid/ CEVd), jenis Tungau (Eutetranychus orientalis, Oligonhycus coffeae, Phyllocoptruta oleivora), jenis Serangga (Planococcus deceptor, Aleurodicus dufesii, Chrysomphalus aonidum, Chrysomphalus dicyospermi, Dysmicoccus brevipes, Paraleyrodes minei,  Phenacoccus solenopsis).

Anda termasuk yang ingin membawa atau mengirim tanaman jeruk dan bagian-bagiannya ini keluar pulau Jawa?

Cek prosedur pengiriman/ pengeluaran Tanaman Jeruk dari Pulau Jawa berikut :

  1. Dilengkapi dengan sertifikat BPSB (Balai Pengawasan Sertifikasi Benih), terkait bebas gejala penyakit CVPD, Tristeza, Psorosis, Exocortis, Vein enation, Tatter leaf dan Xyloporosis.
  2. Pada setiap tanaman jeruk disertai label dari BPSB dengan nomor seri label sesuai permohonan pemilik dan tanggal masa berlaku label sebelum expired (kadaluarsa).
  3. Untuk memudahkan pengecekan, tiap koli/box diberikan keterangan nomor seri label yang ada di dalamnya dan diurutkan. Misal: Box 1: berisi nomor 1-1000 dan seterusnya. Pengirim diwajibkan menyertakan kuota nomor seri label yang akan dikirim.

Jika ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan di atas maka DITOLAK PENGIRIMANNYA

    

      

     

    

       

Go to top