facebook instagram twitter

Keluarga Besar Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin ******* PAKTA INTEGRITAS : Kami tidak mengijinkan sedikitpun (zero tolerance) segala bentuk gratifikasi (pemberian) dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam rangka pelaksanaan pelayanan karantina pertanian
Indonesian English

8p

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

mudik6Sebentar lagi libur lebaran tiba. Para pemilik hewan, seperti anjing dan kucing yang ingin liburan panjang harus segera memikirkan hewan peliharaannya apabila ditinggal mudik ke kampung halaman. Jika hewan peliharaan akan ditinggal mudik maka pemilik hewan harus mencari tempat penitipan hewan yang nyaman bagi peliharaannya.

Berikut tips memilih tempat penitipan agar Anda tenang dikala mudik, sementara hewan kesayanganpun tidak terlantar.

  1. Tempat yang nyaman. Pilihlah tempat yang Anda yakin cukup nyaman bagi hewan kesayangan Anda. Hal ini penting karena apabila tempat tidak nyaman, hewan akan stress dan tidak mau makan yang berujung pada timbulnya penyakit pada hewan kesayangannya tersebut. Hendaknya hewan dikenalkan lebih dahulu dengan tempat tersebut sehingga hewan tidak merasa asing. Ketersediaan tempat exercise (umbaran) agar hewan leluasa jalan-jalan dapat menjadi poin tambahan bagi pilihan Anda, juga penempatan hewan yang terpisah dengan hewan lain dapat menjadi pertimbangan.
  2. Pencatatan atau recording lengkap serta pemberian identitas yang jelas pada hewan. Hal ini menjaga agar hewan kesayangan tidak tertukar dengan hewan yang kebetulan mirip di tempat penitipan yang sama. Anda tidak mau repot bukan, ketika harus mencari hewan kesayangan Anda.

800px koala ag1

  1. Fasilitas ruang inap. Fasilitas yang disediakan harus sesuai dengan kebutuhan hewan kesayangan kita, misalnya kandang tempat istirahatnya, makan dan minum yang disediakan. Makanan dan minuman yang diberikan harus dipastikan sesuai jenis makanan dan minuman yang biasa diberikan oleh pemiliknya. Untuk kucing ras tertentu membutuhkan hawa yang sejuk sehingga ada tidaknya AC menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Kandang juga harus tersedia beberapa ukuran menyesuaikan ras dan jenis hewan yang akan dititipkan.
  2. Fasilitas kebersihan dan kesehatan. Fasilitas kesehatan penting untuk diperhatikan agar hewan kesayangan kita tetap sehat dan tidak tertular penyakit di tempat penitipan. Tempat penitipan hewan yang baik biasanya tidak menerima titipan hewan yang sedang sakit karena beresiko menularkan penyakit tersebut kepada hewan titipan lainnya sehingga Pet care ( tempat penitipan hewan ) yang baik harus ada dokter hewan penanggungjawab yang memantau kondisi kesehatan hewan selama masa penitipan. Fasilitas kebersihan seperti grooming yang mencakup mandi anti jamur dan kutu, sikat gigi, potong serta merapikan bulu juga hendaknya tersedia. Kemudian kebersihan kandang dan alat kandang juga harus terjaga.
  3. Harga terjangkau. Harga harus disesuaikan dengan fasilitas yang diperoleh, oleh karena itu kita bisa memilih tempat yang nyaman bagi hewan tapi sesuai dengan kantong kita.

Hal-hal tersebut penting sekali diperhatikan oleh pemilik hewan agar saat lebaran usai, hewan yang dititipkan dapat diambil kembali dalam kondisi yang tetap sehat dan baik. 

    

      

     

    

       

Go to top