facebook instagram twitter

Keluarga Besar Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin ******* PAKTA INTEGRITAS : Kami tidak mengijinkan sedikitpun (zero tolerance) segala bentuk gratifikasi (pemberian) dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam rangka pelaksanaan pelayanan karantina pertanian
Indonesian English

8p

Yogyakarta,(3/8/2016)

 

http://www.online24x7.in/image/PL_O.jpgPerkembangan teknologi sudah tidak bisa disangkal sudah masuk dalam gaya hidup individu masa saat ini. Sebut saja social media Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp dan berderet aplikasi yang sudah menjadi bagian keseharian kita. Dari beragamnya aplikasi yang sudah tersedia secara massal dan murah pernahkah kita berfikir untuk dapat menggunakan fasilitas atau fiturnya untuk meningkatkan produktivitas profesi kita? Mungkinkah kita membuat teknologi informasi itu mudah dan terasa manfaatnya dilingkungan kerja kita?

 

Bagi para aparatur sipil Negara harus merasa bahwa mereka adalah pelaku dari reformasi birokrasi di instansinya masing masing. Salah satu komponen pengungkit reformasi birokrasi adalah perubahan tata laksana organisasi. Saat ini setiap instansi pemerintah wajib mengembangkan setiap proses bisnis harus berjalan dengan efisien dan efektif. Hal ini menyebabkan terjadinya transformasi proses bisnis dari sistem konvensional manual ke sistem informasi digital. Penerapan e-office di lingkungan kerja harus dianggap sebagai sebagai salah satu kebijakan mutu mewujudkan E-Govt yang bertujuan mendukung  efektivitas dan efisiensi implementasi  pada kegiatan perkantoran.

 

Sistem perkantoran secara elektronik bisa mencakup tata kelola persuratan, kepegawaian, keuangan dan laporan. Idealnya sistem ini sebaiknya mempunyai kondisi dan syarat antara lain:

1.     Sederhana

Aplikasi harus sesederhana mungkin karena  tidak semua personel organisasi memiliki kemampuan menggunakan IT yang sama. Beberapa merasa sebagai individu yang “gaptek” sehingga kesulitan bila harus melakukan beberapa tahapan untuk mengakses informasi. Mereka benar benar “user click”.

 

2. Mandiri

Bagi instansi yang memiliki SDM yang menguasai IT akan sangat mudah membuat sistem berbasis IT untuk pekerjaan mereka. Namun bila terbatas maka sistem yang dikembangkan juga harus sesuai dengan kemampuan SDM yang ada. Kemandirian ini diperlukan karena pengembangan sitem bisa dilakukan secara bertahap dengan meminimalisir pihak konsultan yang tentu akan membutuhkan biaya dan waktu. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan secara sederhana misalnya Email, Google for Work, Google drive, Dropbox dll

 

3.Disepakati dan Dipelihara

Sebaik baiknya sebuah sistem harus disepakati, disahkan dan dipelihara oleh seluruh personal dalam organisasi. Setiap individu harus merasa terlibat dan merasakan manfaat menggunakan sistem tersebut. Setidaknya beberapa manfaat dari penerapan sistem elektronik dalam perkantoran antara lain:

1.     Penyimpanan yang mudah

2.     Kemudahan akses

3.     Kemudahan audit

4.     Hemat waktu

5.     Pelayanan pelanggan yang lebih baik

Dari beberapa poin di atas, tidak ada salahnya mencoba  membangun sebuah sistem IT di lingkungan kerja kita walaupun dengan pola yang sederhana tapi terasa manfaatnya. Salam Sukses… #Integritymypriority#

    

      

     

    

       

Go to top