facebook instagram twitter

Keluarga Besar Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin ******* PAKTA INTEGRITAS : Kami tidak mengijinkan sedikitpun (zero tolerance) segala bentuk gratifikasi (pemberian) dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam rangka pelaksanaan pelayanan karantina pertanian
Indonesian English

8p

17308938 1039492652818506 2573766127931326119 n

Rabu kemarin (22/3) Petugas Fungsional Karantina Tumbuhan Wilker Adisumarmo, melaksanakan tindakan karantina berupa pemeriksaan sayuran segar yang akan dilalulintaskan ke Banjarmasin.

Pemeriksaan dilakukan secara kelengkapan dokumen administrasi dan fisik. Untuk pemeriksaan fisik visual, berat volume, sayuran dalam kondisi segar dan tidak busuk serta tidak ditemukan OPT/OPTK.  Selanjutnya setelah melalui serangkaian pengujian dan pemeriksaan, produk hortikultura yakni brokoli, chaisim, kapri, peterseli dan daun seledri, dinyatakan bebas dari Planococcus deceptor.

Sayuran segar yang berasal dari Banjarmasin tersebut dinyatakan dalam kondisi media pembawa (sayuran) baik, segar, tidak busuk dan bebas target OPTK (Planococcus deceptor) dan akhirnya dapat diterbitkan surat kesehatan karantina.

Tindakan karantina tersebut merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga agar OPTK tidak tersebar atau masuk ke dalam suatu wilayah negara Indonesia sehingga berdampak buruk bagi pertanian Indonesia.

    

      

     

    

       

Go to top